Materi Bab III ( Pasar dan Perilaku Pasar Konsumen )
1)“Kelompok individual yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarga, tidak untuk maksud lain”. Dari pernyataan diatas ini adalah pengertian dari?
a. Pasar Produsen
b. Pasar Distributor
c. Pasar Konsumen (*)
d. Pasar Industri
a. Pasar Produsen
b. Pasar Distributor
c. Pasar Konsumen (*)
d. Pasar Industri
e. Pasar Tradisional
2) Informasi yang mampu menjelaskan tentang profil pasar konsumen dengan baik adalah jenis informasi apa?
a. Informasi statistik (*)
b. Informasi lingkungan industri
c. Informasi AMDAL
d. Informasi keuangan
2) Informasi yang mampu menjelaskan tentang profil pasar konsumen dengan baik adalah jenis informasi apa?
a. Informasi statistik (*)
b. Informasi lingkungan industri
c. Informasi AMDAL
d. Informasi keuangan
e. Informasi dinamik
3) Dari soal nomer 2. darimanaka asal dari informasi tersebut?
a. Laporan keuangan
b. Laporan kerusakan lingkungan
c. Laporan kegiatan industri
d. Laporan statistik (*)
a. Laporan keuangan
b. Laporan kerusakan lingkungan
c. Laporan kegiatan industri
d. Laporan statistik (*)
e. Laporan psikologik
4) Lembaga- lembaga pemerintah yang bertugas memberikan informasi statistik, kcuali
a. BPS
b. PPM (*)
c. Pemda
d. BI
e. BUMN
4) Lembaga- lembaga pemerintah yang bertugas memberikan informasi statistik, kcuali
a. BPS
b. PPM (*)
c. Pemda
d. BI
e. BUMN
5) Membuat profil pasar yang lebih relevan dan informatif, secara khusus melalui suatu cara, yaitu..
a. Pembangunan pasar
b. Promosi pasar
c. Penelitian pasar (*)
d. Pemindahan pasar
a. Pembangunan pasar
b. Promosi pasar
c. Penelitian pasar (*)
d. Pemindahan pasar
e. Menganalisa pasar
6) Informasi yang baik harus dapat menjelaskan informasi pasar pada masa manakah yang tidak diperlukan?
a. Masa lampau (*)
b. Masa sekarang
c. Masa akan datang
d. Semua jawaban salah
a. Masa lampau (*)
b. Masa sekarang
c. Masa akan datang
d. Semua jawaban salah
e. B dan C benar
7) Hal apa yang menyebabkan perlunya ukuran- ukuran atau variabel pada masa yang akan datang di pikirkan dan di kembangkan?
a. Waktu
b. Jumlah
c. Instrumentasi atau variabel
d. A dan C benar (*)
a. Waktu
b. Jumlah
c. Instrumentasi atau variabel
d. A dan C benar (*)
e. Variable
8) Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan
a. permintaan konsumen
b. respons konsumen (*)
c. pergarakan konsumen
d. tindakan konsumen
8) Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan
a. permintaan konsumen
b. respons konsumen (*)
c. pergarakan konsumen
d. tindakan konsumen
e. pengaruh masyarakat lain
9) Model yang mendasarkan pada arus proses prilaku konsumen sering di sebut sebagai..
a. model rangsangan- tanggapan (stimulus respons model) (*)
b. model efek rangsangan ( effects of stimulus model)
c. model memperkuat tanggapan (reinforcement respons model)
d. model perkiraan tanggapan (forecast of respons model)
9) Model yang mendasarkan pada arus proses prilaku konsumen sering di sebut sebagai..
a. model rangsangan- tanggapan (stimulus respons model) (*)
b. model efek rangsangan ( effects of stimulus model)
c. model memperkuat tanggapan (reinforcement respons model)
d. model perkiraan tanggapan (forecast of respons model)
e. B dan C benar
10) faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pasar konsumen, yaitu,,
a. faktor kelompok
b. faktor personal
c. faktor sosial
d. B dan C benar (*)
a. faktor kelompok
b. faktor personal
c. faktor sosial
d. B dan C benar (*)
e. C salah
11) Sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen dinamakan. . .
a. Pasar tradisional
b. Pasar persaingan tidak sempurna
c. Pasar persaingan homogen
d. Pasar sempurna
e. Pasar persaingan sempurna (*)
12) Berikut adalah ciri-ciri pasar persaingan sempurna, kecuali . . .
a. Perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker).
b. Perusahaan mudah keluar masuk industri
c. Produk yang dihasilkan semua perusahaan bersifat homogen
d. Hanya ada satu perusahaan di pasar (*)
e. Pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
13) Berikut adalah kelemahan pasar persaingan sempurna, kecuali . . .
a. Tidak inovatif
b. Menimbulkan ongkos
c. Membatasi pilihan konsumen
d. Biaya produksi bisa di minimalisir (*)
e. Tidak selalu memeratakan distribusi pendapatan
14) Suatu bentuk pasar dimana didalam industri hanya terdapat satu perusahaan saja yang menghasilkan produk yang tidak ada penggantinya yaitu. . .
a. Pasar Monopoli (*)
b. Pasar Monopolistis
c. Pasar Oligopoli
d. Pasar Tradisional
e. Pasar Modern
a. Pasar tradisional
b. Pasar persaingan tidak sempurna
c. Pasar persaingan homogen
d. Pasar sempurna
e. Pasar persaingan sempurna (*)
12) Berikut adalah ciri-ciri pasar persaingan sempurna, kecuali . . .
a. Perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker).
b. Perusahaan mudah keluar masuk industri
c. Produk yang dihasilkan semua perusahaan bersifat homogen
d. Hanya ada satu perusahaan di pasar (*)
e. Pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
13) Berikut adalah kelemahan pasar persaingan sempurna, kecuali . . .
a. Tidak inovatif
b. Menimbulkan ongkos
c. Membatasi pilihan konsumen
d. Biaya produksi bisa di minimalisir (*)
e. Tidak selalu memeratakan distribusi pendapatan
14) Suatu bentuk pasar dimana didalam industri hanya terdapat satu perusahaan saja yang menghasilkan produk yang tidak ada penggantinya yaitu. . .
a. Pasar Monopoli (*)
b. Pasar Monopolistis
c. Pasar Oligopoli
d. Pasar Tradisional
e. Pasar Modern
15) Beberapa faktor suatu perusahaan memiliki kekuatan monopoli(monopoli power), kecuali . . .
a. Perusahaan mampu mengendalikan seluruh pasokan bahan baku yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk
b. Karena perusahaan terbesar dalam wilayah tersebut (*)
c. Karena ada peraturan pemerintah yang memberi hak monopoli
d. Karena memiliki skala ekonomi(natural monopoli)
e. Perusahaan memiliki hak paten
b. Karena perusahaan terbesar dalam wilayah tersebut (*)
c. Karena ada peraturan pemerintah yang memberi hak monopoli
d. Karena memiliki skala ekonomi(natural monopoli)
e. Perusahaan memiliki hak paten
16) Pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak. . .
a. Pasar Monopoli
b. Pasar Monopolistis (*)
c. Pasar Oligopoli
d. Pasar Tradisional
e. Pasar Modern
17) Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis, kecuali . . .
a. Terdapat banyak penjual
b. Barang berbeda corak
c. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
d. Sulit bagi suatu perusahaan untuk keluar masuk ke pasar (*)
e. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif
18) Berikut adalah definisi dari pasar persaingan monopolistic :
a. Suatu pasar dimana terdapat banyak produsen/penjual bertransaksi
b. Pasar dimana produsen menjual barang dan jasa yang berbeda-beda
c. Pasar dimana produsen menjual barang dan jasa yang sama.
d. Pasar dimana terdapat banyak produsen / penjual yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda coraknya.(*)
e. Pasar dimana produsen menjual barang dan jasa.
19) Berikut adalah cirri-ciri dari pasar persaingan monopolistic, kecuali :
a. Terdapat sedikit penjual.(*)
b. Produknya tidak homogen.
c. Masuk kedalam industri/pasar relative murah.
d. Persaingan promosi penjualan sangat aktif.
e. Terdapat banyak penjual.
a. Pasar Monopoli
b. Pasar Monopolistis (*)
c. Pasar Oligopoli
d. Pasar Tradisional
e. Pasar Modern
17) Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis, kecuali . . .
a. Terdapat banyak penjual
b. Barang berbeda corak
c. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
d. Sulit bagi suatu perusahaan untuk keluar masuk ke pasar (*)
e. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif
18) Berikut adalah definisi dari pasar persaingan monopolistic :
a. Suatu pasar dimana terdapat banyak produsen/penjual bertransaksi
b. Pasar dimana produsen menjual barang dan jasa yang berbeda-beda
c. Pasar dimana produsen menjual barang dan jasa yang sama.
d. Pasar dimana terdapat banyak produsen / penjual yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda coraknya.(*)
e. Pasar dimana produsen menjual barang dan jasa.
19) Berikut adalah cirri-ciri dari pasar persaingan monopolistic, kecuali :
a. Terdapat sedikit penjual.(*)
b. Produknya tidak homogen.
c. Masuk kedalam industri/pasar relative murah.
d. Persaingan promosi penjualan sangat aktif.
e. Terdapat banyak penjual.
20) Berikut adalah pengertian dari pasar duopoly :
a. Pasar yang menjual berbagai macam atau bukan pasar homogen.
b. Keadaan dimana hanya ada dua perusahaan yang menguasai pasar.(*)
c. Keadaan dimana hanya ada satu perusahaan yang menguasai pasar.
d. Keadaan dimana haya ada satu produsen dan satu konsumen.
e. Keadaan dimana haya ada produsen.
b. Keadaan dimana hanya ada dua perusahaan yang menguasai pasar.(*)
c. Keadaan dimana hanya ada satu perusahaan yang menguasai pasar.
d. Keadaan dimana haya ada satu produsen dan satu konsumen.
e. Keadaan dimana haya ada produsen.
21) Apakah yang dimaksud dengan konsep pasar…
a. konsep bisnis yang menganggap bahwa konsumen hanya akan menyukai produk
b. pasar yang mengkonsumsi produk perusahaan untuk dikomsumsi sendiri
c. resiko penanaman investasi langsung di Negara lain
d. konsep bisnis yang menganggap bahwa konsumen hanya akan menyukai produk yang unggul dalam persaingan dan dapat memenuhi/memuaskan kebutuhannya (*)
e. penambahan produk atau usaha yang mempunyai perbedaan teknologi
22) Carilah jawaban yang benar tentang apa itu pasar..
a. kelompok individual (perorangan atau organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu dan berniat merealisasikan pembelian tersebut (*)
b. kebiasan pasar untuk pengambil keputusan terhadap produk
c. sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran
d. tempat bertemunya pedangan dan pembeli
e. kelompok individu yang membeli produk untuk mencapai kepuasan
23) Secara keseluruhan perilaku pasar memiliki sifat..
a. homogen
b. elastis
c. ineslastis
d. elastic sempurna
e. heterogen (*)
24) Atas dasar perilaku, tujuan pembelian pasar dibedakan 2 kelompok yaitu…
a. homogeny dan heterogen
b. perorangan dan kelompok
c. and user( pasar konsumen akhir) dan intermediate consumers (*)
d. tradisional dan modern
e. internal dan eksternal
a. pribadi (*)
b. kelompok
c. internal
d. eksternal
e. organisasi
26) Untuk menjelasan mengapa konsumen menolak atau membeli barang yang ditawarkan dapat dijelaskan melalui…
a. informasi pemasaran
b. informasi statistic
c. informasi dinamik
d. informasi psikologik (*)
e. tidak ada jawaban yang benar
27) Infomasi pasar konsumen yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dikumpulkan dengan cara…
a. tidak langsung
b. melalui perantara
c. secara langsung (*)
d. mengumpulkan data
e. perorangan
28) “Pada konsep pemahaman yang memperkuat kembali (reinforcement theory of learning) atas motivasi seseorang sebagai respons atas stimulant respons yang terjadi (effects of learning)akan membentuk prilakju seseorang”. Model ini dikembangkan oleh ahli psikologik…
a. Maslow
b. kother
c. Herzberg
d.william
e. BF skinner (*)
29) Asapek Distribusi pada stimulus pemasaran meliputi…
a. kualitas, model baru, feature dan popularitas
b. iklan, promosi penjualan, selesgirls, publisitas
c. kemudahan memperoleh, widow display yang menarik, kemudahan membandingkan(*)
d. feature, iklan, salesgirl dsb
e. tidak ada jawaban yang benar
30) sebutkan factor-faktor aspek stimulant pemasaran…
a. aspek produk, harga, promosi, distribusi (*)
b. aspek lingkungan
c. aspek pengelolaan pasar
d. aspek penjulan
e. C dan D benar
31) Pengambil keputusan seseorang dipengaruhi oleh factor …
a. Kebudayaan dan Politik
b. Social dan Agama
c. Agama dan Kebudayaan
d. Kebudayaan dan Sosial
e. Personal dan Sosial (*)
32) Faktor personal pada stimulus lingkungan meliputi…
a. motivasi, keluarga, kelompok referensi dsb
b. persepsi, klas social, subkultur dsb
c. pemahaman, keperayaan, aspek kultur
d. motivasi, persepsi, pemahaman dsb (*)
e. persepsi, aspek kultur, keluarga dsb
33) Sikap merupakan penilaian yang sangat subjektif yang dapat dipengaruhi oleh…
a. factor personal
b. factor social
c. factor lingkungan (*)
d. factor pemasaran
e. A dan B benar
34) Apa yang dimaksud dengan kepribadian…
a. deskripsi tingkat penerimaan pemikiran seseorang atas suatu objek atau gejala
b. karakteristik psikologis yang relative konsisten terhadap respons akhir suatu objek di lingkungannya (*)
c. kegiatan-kegiatan masyarakat ynag menyatakan perbedaan
d. pengaruh-pengaruh eksternal yang mempengaruhi keputusan
e. tingkatan dari struktur tingkatan masyarakat
35) Dalam proses pembelian terjadi beberapa kegiatan, manakah dibawah ini yang benar…
a. Initiator
b. Influencer
c. Decider
d. Purchase dan User
e. semua jawaban benar (*)
36) Manakah urutan proses yang benar dalam proses pembelian…
a. Influencer-decider-initiator-user-purchase
b. Decider-user-influencer-initiator-purchase
c. Initiator-influencer-decider-purchase-user (*)
d. user-purchase-initiator-influencer-decider
e. decider-purchase-user-influencer-initiator
37) Arti dari purchase adalah…
a. pelaksanaan pembelian (*)
b. gagasan untuk membeli
c. pengembangan agar gagasan terpenuhi
d. kegiatan pengambil keputusan
e. pemanfaat atau pemakaian barang yang sudah dibeli
38) Proses pembelian susu atau makanan bayi sangat dipengaruhi oleh..
a. decider
b. user
c. purchase
d.influencer (*)
e. initiator
39) Model proses pengambilan keputusana. kebutuhan informasi-evaluasi alternative-pengambilan keputusan-perumusan masalah-prilaku tindak lanjut
b. perumusan masalah-kebutuhan informasi-evaluasi alternative-pengambilan keputusan- perilaku tindak lanjut (*)
c. evaluasi alternative-perumusan masalah-kebutuhan informasi-pengambilan keputusan-perilaku tindak lanjut
d. perilaku tindak lanjut-perumusan masalah-evaluasi alternative-pengambilan keputusan-kebutuhan infornmasi
e. tidak ada yang benar
40) Evaluasi alternative meliputi…
a. personal, komersial, public, pengalaman
b. perilaku, usaha, perbedaan
c. D benar
d. usaha, personal, pengalaman
e. maanfaat, kepentingan, image,fungsi yang diharapkan (*)
41) Pembentukan perilaku pembelian merupakan…
a. usaha-usaha seseorang mengatasi masalah yang dihadapinya (*)
b. untuk memecahkan masalah
c. perbedaan produk yang hendak dipilih untuk dibeli
d. usaha pengambilan keputusan
e.merupakan masukan untuk pemperkuat prilaku pembelian
42) Perilaku respons rutin adalah…
a. perilaku pembelian yang memerlukan usaha pemecahan persoalan yang terbatas
b. pembelian rutin untuk persoalan yang sering dihadapi (*)
c. perilaku pembelian untuk mengatasi persoalan yang tidak rutin
d. A dan B benar
e. B dan C benar
43) Perilaku pemecahan masalah yang ekstensif adalah…
a. pembelian rutin untuk persoaln yang sering dihadapi
b. perilaku pembelian yang memerlukan usaha pemecaham persoalan yang terbatas
c. perilaku pembelian untuk mengatasi persoalan yang tidak rutin (*)
d. tidak ada yang benar
e. A dan C benar
44) Diperlukanya pertimbangan untuk membeli sebuah mobil untuk pertama kalinya merupakan perilaku…
a. perilaku pembelian pencarian variasi
b. perilaku pembelian menekan ketidaksesuaian
c. perilaku pembelian kebiasaan
d. perilaku pembelian yang kompleks (*)
e. tidak ada yang benar
45) Pergantian merk bukan karena ketidakpuasan tetapi lebih karena sekdar merasakan berbagai ragam merk saja, merupakan perilaku…
a. perilaku pembelian pencarian variasi (*)
b. perilaku pembelian menekan ketidak sesuaian
c. perilaku pembelian kebiasaan
d. perilaku pembelian yang kompleks
e. A dan B benar
46) Dasar pembelian suatu produk tertentu bukan karena setia terhadap merk, tetapi lebih banyak karena kebiasaan terhadap merk, merupakan perilaku…
a. Perilaku pembelian yang kompleks
b. perilaku menekan ketidaksesuaian
c. perilaku pembelain kebiasaan (*)
d. perilaku pembelian pencarian variasi
e. tidak ada yang benar
47) Metode intropektif adalah…
a. usaha menanyakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan oleh calon pembeli apabila hendak membeli sesuatu pada masa yang akan datang (*)
b. tindakan diri sendiri sebagai dasar untuk menjelaskan perilaku pembelian konsumen
c. mengungkapan tindakan-tindakan yang telah dilakukan oleh pembeli terhadap pembelian produk tertentu waktu lalu
d. B dan C benar
e. tidak ada yang benar
48) Menayakan kepada pembeli, tindakan apa ynag seharusnya paling baik dilakukan untuk pembelian produk tertentu adlah metode dari…
a. Inropektif
b. Rertospektif
c. Prospektif
d. Preskriptis (*)
e. tidak ada yang benar
49) Metode retrospektif adalah …
a. usaha menanyakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan oleh calon pembeli apabila hendak membeli sesuatu pada masa yang akan datang
b. tindakan diri sendiri sebagai dasar untuk menjelaskan perilaku pembelian konsumen
c. mengungkapan tindakan-tindakan yang telah dilakukan oleh pembeli terhadap pembelian produk tertentu waktu lalu (*)
d. B dan C benar
e. tidak ada yang benar
50) Metode prospektif adalah…
a. usaha menanyakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan oleh calon pembeli apabila hendak membeli sesuatu pada masa yang akan datang (*)
b. tindakan diri sendiri sebagai dasar untuk menjelaskan perilaku pembelian konsumen
c. mengungkapan tindakan-tindakan yang telah dilakukan oleh pembeli terhadap pembelian produk tertentu waktu lalu
d. B dan C benar
e. tidak ada yang benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar