Minggu, 02 Januari 2011

Contoh Soal tentang Pemasaran

Contoh Soal tentang Pamasaran

1)      Apakah yang dimaksud dengan fungsi pemasaran universal jelaskan dengan  memberikan contoh nyata kegiatan pemasaran suatu produk/jasa tertentu!
Jawab:
Fungsi Pemasaran Universal
Fungsi-fungsi Pemasaran tersebut adalah : Pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standarisasi dan klarifikasi, pembungkusan, penanggung resik, pendanaan, dan pengendalian informasi pemasaran (misalnya periklanan). Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan fungsi pemasaran yang universal. Artinya, setiap pemasar akan membutuhkan semua atau seluruh kegiatan-kegiatan tersebut, meskipun demikian tidak harus setiap kegiatan akan atau perlu ditindakkan sendiri. Individual atau organisasi lain dapat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara independen unkepentingan perusahaan.
Untuk memasarkan sebuah produk memerlukan beberapa tahap untuk sampai ketangan konsumen. Contohnya pemasaran pada kramik:
Pertama-tama proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen yang berkenaan dengan produk, kinerja serta kualitas adalah tahap pertama yang sangat penting dari kegiatan pemasaran. Perusahan pun harus memiliki dana untuk beberapa tahap pemasaran, dana ini dibutuhkan untuk membeli bahan baku, gaji karyawan dan peralatan mesin yang yang dibutuhkan untuk mempermudah proses pembuatan produk  yang di perlukan. Mesin ini pun harus sesuai dengan standarisasi agar produk yang dihasilkan berkualitas. Setelah pembuatan produk selesai para pekerja yang sudah ahli dibidangnya akan memilih produk yang berkualitas bagus untuk di pasarkan dan hasil yang tidak berkualitas tidak untuk dipasarkan. Hal ini dilakukan agar para konsumen mendapatkan kepuasan yang maksimal jika membeli produk ini. Tahap berikutnya hasil yang sudah jadi di bungkus agar menambah ketertarikan para konsumen akan produk ini. Pembungkusan ini tidak hanya sekedar pembungkusan. Sebelumnya pasti pada pihak perusahaan sudah memutuskan design yang cocok untuk dipergunakan pada saat pembungkusan/tempat kramik. Lalu barang siap di kirim ke distributor besar yang akan menjual produk ini. Produk yang akan dikirimkan dari pihak produsen ke distributor biasanya sudah memiliki kesepakatan sebelumnya, misalnya kalau pada saat pengiriman produk ktamik yang akan dikirimkan pecah atu rusak siapa yang akan menaggung kerugiaan itu apakah dari pihak perusahaan atau distributor, inilah resiko yang akan ditanggung para distributor atau perusahaan jika terjadi kerusakan pada produk yang dikirim. Setelah barang sampai di tangan distributor tugas yang selanjutkan akan dikerjakan oleh distributpr adalah bagaimana caranya agar produk yang akan di jual dikenal dimasyarakat dan dapat laku dipasaran nantikan. Banyak caranya misalnya pembuatan iklan untuk produk ini dari media cetak atau elektronik. Produk yang sudah dipasangkan iklan biasanya ampuh untuk memikat para konsumen. Produk yang dijual pun laku dipasaran yang dibeli oleh para konsumen.

2)      Apakah yang dimaksud dengan pola pengaruh system lingkumgan pemasaran, jelaskan dengan memberikan contoh pengaruh perubahan salah satu factor lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk/jasa!
Jawab:      
     Pola pengaruh system lingkungan pemasaran adalah interaksi antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang mempunyai keterkaitan terhadap tujuan maupun strategi pemasaran. Analisis terhadap linkungan eksternal dapat menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan. Analisis terhadap lingkungan internal dapat memperlihatkan kekuatan dan kelemahan organisasi.
Peluang pemasaran perlu dimanfaatkan dan hambatan pemasaran perlu di atasi. Kekuatan organisasi perlu dipergunakan untuk memanfaatkan peluang atau mengatasi hambatan lingkungannya. Kelemahan organisasi perlu dikompensasi sehingga perusahaan mampu menghadapi lingkungannya. Berdasarkan analisis peluang/ancaman maupun kekuatan/kelemahan tersebut perusahaan dapat menentukan tujuan pemasaran yang merupakan sasarannya. Sehingga cara pencapaian tujuan atau strategi-strategi pemasaran dapat dirumuskan dan dikembangkan untuk pedoman kegiatan pemasaran berikutnya. Berikut adalah contoh nya:
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh kegiatan promosi yang dijalankun perusahaan. Kegiatan promosi mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.

3)      Apakah yang dimaksud dengan pasar dan perilaku paar konsumen, jelaskan dengan memberikan contoh kegiatan pemasaran produk/jasa yang nyata!
Jawab:
Pasar adalah kelompok individu (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikanpembelian tersebut.
Perilaku pasar konsumen
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Pemahaman terhadap profil dan perilaku pasar akan menjelaskan tentang :
1. Siapa, Apa, Berapa, Kapan, Dimana pembelian dilakukan (INFORMASI STATISTIK).
2. Mengapa produk tersebut dibeli atau di tolak (INFORMASI PSIKOLOJIK).
3. Bagaimana proses tersebut terjadi (INFORMASI DINAMIS).
Untuk menjawab dari pertanyaan di atas dapat dijelaskan dibawah ini :
INFORMASI STATISTIK
Informasi statistik dapat menjawab dari pertanyaan siapa, apa, berapa, kapan, dimana pembelian dilakukan. Misalkan saya adalah pemilik sebuah warnet dan ingin membeli komputer baru untuk melengkapi warnet. Sebelum saya memutuskan untuk membeli, saya pasti telah menentukan komputer merk apa yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan saya. Saya memutuskan membeli komputer merk LG sebanyak 50 unit. Saya akhirnya memutuskan untuk membeli di Pasar Glodok pada senin pagi.
INFORMASI PSIKOLOJIK
Informasi psikolojik dapat menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Meliputio perana motivasi, persepsi, pemahaman, sikap, kepercayaan, dan kepribadian seseorang yang mendasari tindakan melakukan kegiatan tertentu. Contoh :
Saya memutuskan membeli komputer merk LG karena menurut saya computer tersebut memiliki kelebihan dari merk- merk yang lain. Harga yang relatif terjangkau dan diskon 30% setiap pembelian 1 unit komputer juga memotivasi saya untuk memilih komputer LG. Saya tidak memilih produk lain karena bentuk yang kurang menarik dan harga yang mahal dengan kualitas yang sama dengan merk LG. Pemilik toko komputer menjelaskan bahwa merk tersebut sering di beli atau lebih sering laku, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Saya juga sering melihat iklan LG sehingga saya sudah tidak asing dengan merk tersebut, selain itu orang tua saya juga memakai komputer merk LG, sehingga saya telah mengetahui kualitasnya. Pelayanan yang ramah dan baik membuat saya senang telah membeli komputer disana.
INFORMASI DINAMIK
Informasi dinamik mampu menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi, model keputusan pembelian, model pemberian masalah.
Contoh :
Saya membeli komputer tersebut dengan secara langsung datang ke toko komputer LG di Pasar Glodok. Saya dapat melakukan tawar menawar dengan pemilik toko yang akhirnya menemukan harga sesuai kesepakatan. Tetapi, masalahnya komputer tersebut dapat sampai di warnet saya? Akhirnya, pemilik toko yang menanggung biaya pengiriman komuter ke warnet saya.

4)      Apakah yang dimaksud dengan proses pengambilan keputusan pembelian, jelaskan dengan gambar skema atau diagram proses pengambilan keputusan suatu produk/jasa!
Jawab:
Proses pengambilan keputusan pembelian terdiri dari lima tahap: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Jelas bahwa proses pembelian berlangsung jauh sebelum pembelian aktual dan berlanjut jauh sesudahnya. Pasar perlu berfokus pada seluruh proses pengambilan keputusan pembelian bukan hanya pada proses pembeliannya saja.
*Pengenalan Kebutuhan
Proses pembelian bermula dari pengenalan kebutuhan (need recognition)-pembelian mengenali permasalahan atau kebutuhan. Pembeli merasakan adanya perbedaan antara keadaan aktual dan sejumlah keadaan yang diinginkan. Kebutuhan itu dapat dipicu oleh stimulus internal ketika salah satu kebutuhan normal-lapar, haus, seks, naik ke tingkatan yang cukup tinggi sehingga menjadi pendorong. Kebutuhan dapat dipicu oleh rangsangan eksternal. Seseorang mungkin merasa membutuhkan hobi baru ketika kesibukan pekerjaannya mulai menurun, dan dia mulai memikirkan kamera setelah berbincang-bincang dengan teman tentang fotografi atau setelah melihat iklan kamera. Pada tahap itu, pemasar harus meneliti konsumen untuk mengetahui kebutuhan macam apa yang menyebabkan kebutuhan itu muncul, dan bagaimana cara pemasar menuntun konsumen supaya membeli produk tersebut.
*Pencarian Informasi
Konsumen yang tergerak mungkin mencari dan mungkin pula tidak mencari informasi tambahan. Jika dorongan konsumen kuat dan produk yang memenuhi kebutuhan berada dalam jangkauannya, ia cenderung akan membelinya. Jika tidak, konsumen akan menyimpan kebutuhan itu kedalam ingatan atau mengerjakan pencarian informasi yang berhubungan dengan kebutuhan itu. Konsumen dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber. Sumber itu meliputi sumber pribadi (keluarga, teman, tetangga, rekan kerja), sumber komersial (iklan, penjual, pengecer, bungkus, situs Web, dan lain-lain), sumber publik (media massa, organisasi pemberi peringkat), dan sumber berdasarkan pengalaman (memegang,
meneliti, menggunakan produk). Pengaruh relatif di antara sumber informasi itu berbeda-beda di antara berbagai produk dan pembeli.
*Evaluasi alternative: Alternative membeli atau tidak membeli produk tertentu, dipengaruhi oleh pertimbangan atribut produk. Yaitu: manfaat, kepentingan, image, dan fungsi yang diharapkan.
*Keputusan: Hasil evaluasi alternative adalah penentu keputusan membeli atau keputusan tidak membeli.
*Perilaku setelah pembelian
Pengalaman setelah pembelian akan merupakan masukan yang akan memperkuat (memperlemah) perilaku pembelian kemudaian.
Model proses pengambilan keputusan

PERUMUSAN   MASALAH
 
KEBUTUHAN INFORMASI





EVALUASI ALTERNATIF





PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PERILAKU TINDAK LANJUT



5)      Apa pengaruh perubahan salah satu factor lingkungan terhadap kegiatan pemasaran suatu produk/jasa tertentu, jelaskan dengan skema yang menunjukan pengaruh kegiatan pemasaran tersebut
Jawab:
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh kegiatan promosi yang dijalankun perusahaan. Kegiatan promosi mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.


LINGKUNGAN EKSTERNAL
LINGKUNGAN INTERNAL
                                                                        

PELUANG ANCAMAN PEMASARAN
KEKUATAN-KELEMAHAN  PEMASARAN
TUJUAN ATAU TARGET PASAR
                                                    


 


STRATEGI-STRATEGI  PEMASARAN

                                             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar